SALAH SATU LANGKAH KONKRIT

SIGN UP

Whatsapps dan Line adalah sebuah media komunikasi yang di gandrungi saat ini. Bahkan anak TK pun sudah mengerti cara menggunakan WA meski yang lebih kerap terjadi yaitu kepencet audio dan mengeluarkan suara suara anak kecil dalam polosan. Sistem komunikasi sudah benar-benar dipermudah sekarang. Mau telpon dan saling pandang memandang berjarak puluhan ribu kilometer bisa ditembus dalam hitungan detik... WOW. Beda banget dengan jaman dulu yang saat punya telpon genggam seukuran 1/3 kotak sepatu sudah sangat membanggakan.

Teknologi dan komunikasi menjadi hal yang penting di era digitalisasi saat ini.

Sementara untuk media LINE sendiri, cukup di gandrungi para anak muda jaman sekarang karena tampilan menarik dan adanya stiker lucu yang membuat gak bosen untuk chatting berjam jam ( anak mille jaman sekarang gituh :P ).

Trus, ada hubungannya dengan web UIARCH?

Jawabannya : YES and NO.

Yes, karena melalui UIArch ini kita sedang mencoba merangkul para alumni yang sekiranya tidak mengerti tentang internet atau malas untuk buka-buka sosial media karena gaptek. Hal ini tentunya tidak berlaku untuk para gengs millenial yang sudah sangat fasih ber – ketak ketik saat chatting (bahkan ada yang bisa tanpa melihat ke HP nya lho ><) , namun lebih ke angkatan tua yang punya pengalaman yang banyak namun tidak punya media untuk menuangkannya.

Yes, karena selama ini kecenderungan yang ada bahwa alumni punya teman kumpulnya masing- masing. Bukan karena disengaja, pastinya. Nge-geng itu adalah sebuah kewajaran, terutama di ranah ibukota yang isinya penuh dengan kesibukan yang luar biasa (kedekatan masing masing mereka di karenakan kesamaan hobi, dekatnya lokasi rumah tinggal, adanya persamaan dan nyambung ngobrolnya, bisa juga karena kesamaan profesi..). Dan tidak di harapkan nge-geng konotasi negatif yang tidak adanya ingin untuk bersosialisasi dengan para alumni lainnya. Web UIArch ini bisa menjadi semacam poros yang menampung geng-geng yang berharap harap cemas untuk bertemu dan saling mengenal. Bukan cuman sebatas kenal pastinya. Benefit yang di tawarkan adalah masing-masing para alumni punya hak buka suara (ingin tampil maksimal dengan portfolio yang dia punya) di sisi lain , alumni yang butuh tenaga bisa mencarinya disini. Lewat self promotion dari alumni-alumni lain yang ingin bekerja. Benefit lain..... ? wait for the next yes

Yes, karena UIArch ini secara gamblang adalah media networking yang kita khususkan untuk para alumni yang ingin maju dan berkembang lewat jalur khusus almamater. Setelah bertahun -tahun mengalami masa perkuliahan, masa bergadang, masa-masa studio yang menghabiskan lebih dari setengah perjalanan rutinitas keseharian, masa- masa itu masih belum lewat karena setelah lulus pun dunia punya caranya sendiri memberikan kita tes berupa ujian. Tidak mesti harus kerja di dunia arsitektur karena percaya gak percaya, sadar atau tidak arsitektur adalah dunia yang luas akal budinya. Anda bisa survive dan maju di dalam dunia yang kalian gemari. Paket komplit dan harganya memang tidak murah.

Pernah mendapatkan kesan tersebut saat kita di tanya oleh orang-orang di sekitar kita? Saat kita menyebutkan lulusan dari arsitektur namun bergelut di bidang non arsitektur...

Respons mereka akan menyayangkan..pastinya...

“lho kok bisa? Kenapa gak di terusin bidangnya...? and so on.. ( tapi hal ini gak akan berlaku sih, kalau kita menjadi seorang presiden >< hahaa...)

Yes, karena panggilan kerinduan dari para alumni alumni itu sendiri. Untuk bisa terkonektivitas menjadi satu visi misi dan berada dalam satu rumah yang nyaman dan hangat ( di depan bara perapian yang menyala nyala) secara kita tahu betul : how to be feel at home ( baca : home : masa masa perkuliahan saat di jurusan arsitektur)

Yes, karena begitu banyak pilihan yang menarik di sekitar kita. But Social media UIArch mengkedepankan jalinan antar tali per-saudaraan lewat memori yang sempat kita kecap di masa kuliah. Saya meragukan apabila mereka sudah lupa dengan saat -saat tersebut. Angkatan 65 saja bisa menyebutkan nama-nama teman mereka ( meski ada beberapa nama yang kelewat dan terlupakan nama lengkapnya). Angkatan arsitektur pertama kita adalah angkatan 65 dan lulus dengan gelar Insinyur. Mereka sangat bangga dengan titel tersebut karena perjuangan selama bertahun -tahun yang akhirnya membuahkan hasil.

Yes, harus mulai dengan memahami konsep alumni untuk alumni dulu. Tujuan, visi misinya yang tidak neko neko serta benefit yang di tawarkan di web ini harusnya sudah bisa membuat para alumni mau ikut serta bergabung dengan alumni alumni lainnya.

NO – nya kenapa belum ketemu sih :) Kalau sudah ada yang tahu dan ketemu, bisa langsung kontek dengan saya yah. Akan kita jabar dan diskusikan sama-sama, dari tahap perkenalan hingga lanjut ke sesi wawancara, hahahaa

More posts