Experience is the best teacher

SIGN UP

Disaat kita membutuhkan sebuah informasi, kita terbiasa untuk mencarinya lewat searching engine - contoh salah satu searching engine yang dikenal banyak orang adalah Google.

Tahukah Anda cara kerja Searching engine tersebut , yaitu bagaimana ribuan hingga jutaan data bisa muncul dalam waktu sepersekian detik disaat kita klik Enter dengan kata kunci yang kita masukkan?

Dan itulah yang namanya teknologi! Ide lahirnya Google sendiri saat dua manusia Larry Page dan Sergey Brin di tahun 1995 sama-sama ingin menciptakan sistem yang sanggup menghasilkan informasi relevan. Sebelum itu, kita harus berupaya mencarinya lewat buku atau lewat sumber -sumber terpercaya lainnya.

Searching Engine ibarat BUKU PINTAR ( pernah dengar belum ?) jaman dulu.. bedanya kalau BUKU PINTAR itu hanya memuat perihal-perihal yang di anggap penting dan informasi umum yang sering di cari banyak orang. Kalau searching engine itu datanya mencakup semua yang berkenaan dengan kata kunci yang di masukkan.

seperti yang dikutip dari wikipedia :

Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawlerbrowser web otomatis yang mengikuti setiap pranala/link yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara indeks-nya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.

Selain halaman web, Mesin pencari juga menyimpan dan memberikan informasi hasil pencarian berupa pranala yang merujuk pada file, seperti file audio, file video, gambar, foto dan sebagainya, serta informasi tentang seseorang, suatu produk, layanan, dan informasi beragam lainnya yang semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.

More posts

Post a comment