Obrolan bersama BPH Iluni tentang database alumni

SIGN UP

Pertemuan UIArch

Summary:

A. Database Alumni

1. Sebagian besar konversi/ kompilasi data manual ke database sudah selesai dilakukan.

2. Untuk pendaftaran yang baru fasilitas pendaftaran alumni secara online sudah bisa dipergunakan sepenuhnya.

3. Staff Jurusan dan Iluni diberi akses untuk melakukan editing dan verifikasi dari data alumni yg ada.

4. Situs UIArch tidak dibawah kepengurusan Iluni melainkan dibawah kontributor yang menjadi member di UIArch, agar kesinambungan pendataan Alumni nantinya dapat berlangsung dari setiap kepengurusan yang ada.

B. Next Step

Data2 yang dikompilasi dari data manual tidak memenuhi persyaratan sebagai Database yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan analisis oleh Jurusan ataupun Iluni. Hampir semua data diinput secara bebas (free text) yang tidak memungkinkan diquery untuk kepentingan analisis data. Kedepan agar database alumni bisa bermanfaat, maka perlu langkah2 berikut:

1. Jurusan dan Iluni bersama merancang ulang untuk menentukan field2 apa yang dibutuhkan untuk kepentingan analisa yg diperlukan.

2. Disarankan untuk membuang field2 yang tidak ada manfaatnya untuk kepentingan analisis data. Misal NPM dulunya perlu sebagai ID unique identifier, untuk kedepan hal itu sudah tidak lagi perlu. Email dan nomer mobile bisa berlaku sebagai ID unique identifier.

3. Perlu dicari solusi termudah, bagaimana caranya untuk menginput data yg eksisting ke field2 yg baru. Misal input teks bebas field Program Alumni di re-entry ke filed Progam dengan model pilihan (bukan free text) agar bisa dianalisa nantinya. Untuk data yang baru yg didaftarkan secara online setiap user masing2 bisa merubah data merekan langsung online, tidak dibutuhkan kerja tambah manual.

Monchu, Indri, Johannes, Murni
Waroeng Aceh
12 March 2019

More posts