ketika dunia alumni Arsitektur UI hendak bertranformasi ke dalam dunia mimpi yang terlihat sangat nyata, dimana kita berada dalam satu tempat untuk bertemu

SIGN UP

Konsep Open Source : masih terbilang baru di masyarakat Indonesia. Tidak banyak yang tahu meski Open Source itu sudah seharusnya sudah diketahui oleh kita -kita yang gemar sekali buka - buka situs internet, hampir 2/3 dari waktu keseharian kita.

Meskipun kita-kita ini tidak terlihat tampilan fisiknya, tapi kita masing-masing mempunyai cara untuk berkontribusi.

Saya senang saya bisa menjadi bagian di dalamnya, karena ternyata rekanan itu bukan berarti harus seumuran, dan tidak harus menunjuk siapa yang lebih superior dan yang harus lebih banyak bekerja. Dan menariknya, semua yang berjalan itu seperti sudah saling memahami satu sama lain. Dan tidak membuat kita lepas dari batang utama yang menjadi sumber utama/ fokus kita melangkah. Semua alumni yang memang mau ikut serta di dalam Uiarch.net ini mempunyai Hak dan KESEMPATAN yang sama untuk mempromosikan diri. Nah, secara kebetulan saja, Saya ( Kim Mei A'2001), kak Monchu, (A'2074) Abi (2011), Tami (A'2002) , dan Mirra (A'2006), tiba duluan di tempat ini. Tinggal menyusul saja satu per satu dari para alumni yang lain, mencari tempat ternyamannya mereka disini ( dibaca : Uiarch.net).

Kami yang sekarang ini, karakternya pun berbeda-beda, Tami si serius dan the detailest, Abi sang Pejuang Bekasi Forever, Mirra the convensional and the straightforward mind, Kak Monchu yang gak mau mikir yang susah-susah dan juga gak suka di susahin, dan terakhir : is Kim Mei, si manusia unik dari planet bernama The Power of Willingness. Gak semudah itu sih kalau kita bisa ngumpul bareng- bareng dan berbicara dengan bahasa yang sama. Karena kita semua punya kelakuan dan cara berpikir yang beda -beda . Namun, just believe kalau di akhir dari pertemuan itu, adalah menemukan satu lorong ke titik terang, which is kita akan sampai ke titik itu meski bukan dalam waktu dekat.

Sempet ada arah- arah terpikirkan seperti ini : kalau kita bekerja di titik location kita masing-masing tapi mengarah ke link yang sama. Just say : Tami itu ahli di bidang bikin seputar Program Kerja yang memang perlu ditampilkan menjadi wajah di laman utama Uiarch.net untuk menyadarkan para alumni, kalau Proker itu milik kita bersama sebagai alumni. Lalu Abi, ahli untuk mengkedepankan aspirasi how Uiarch.net can be a real place for alumni as one community, he is also want to make a simple Flow chart tentang mimpi-mimpi kita itu kepada para alumni. Sedangkan Mirra, she is easy going person and can come from every direction. Kadang sulit menebak tentang makna sorot matanya kala memandang tulisan-tulisan yang ada di Uiarch.net. Dia seakan melihat sesuatu yang magis yang tersimpan di balik tulisan/ podcast/Video yang di munculkan oleh para alumni yang ada di Uiarch.net. Dan ternyata memang dia sanggup membaca dan tinggal menunggu waktu eksekusinya saja untuk merepresentasikan itu semua ke dalam kalimat yang lebih manis dan menggugah selera. Nah! Diantara semuanya, Kak Monchu lah yang paling berbeda. karena dia datang dari masa depan 2074 . Which is semua yang dia ungkapkan kepada kita-kita rekanannya adalah perspektif nan logic juga khayalan yang dibutuhkan empat mata untuk bisa melihat dan (cukup dibutuhkan) dua telinga untuk mendengar. Meski semuanya itu terlihat kompleks dan kelihatan mustahil, but di dalam kamus Arsitektural... Nothing is impossible, right? As long as we are trying to definite it from the beginning process till the end. Seperti biasa, kita akan membuat semuanya itu didalam simulasi pikiran dan di godok in trial and error's process lewat sketches in minutes, dibantu dengan antena kepekaan yang sudah di asah oleh Bu Dotti dan alm. Pak Han ( ke angkatan 65-70an). No wonder, yang di ceritakan oleh Kak Monchu berhasil kita terjemahkan lewat secercah gagasan ataupun oretan-oretan keriwil yang meski belum terbaca jelas... tapi outlinenya sudah terlihat.

About me? Sepertinya sudah tidak ada kisah yang perlu di ceritakan. Karena kerjaan saya paling ringan. Cukup menghubungi para alumni dan memastikan kalau-kalau mereka mengetahui adanya Uiarch.net berserta informasi visi misi Uiarch.net , "dari alumni untuk alumni".

Dari sejumlah perjalanan di atas, saya bertemu dengan beberapa rekan yang potensial untuk ikut-ikutan nyemplung ke dalam Uiarch.net gak sekedar untuk basah-basahan... diantaranya saya temukan : Febi'A08, Apel'06, Kiki'10. (Ditunggu saja tanggal mainnya)

Do you know, that : Kekuatan sejati itu tidak bisa hanya berasal dari satu titik sumber saja, tapi super power itu akan tak akan habis-habisnya tatkala sumber kekuatan itu lebih dari satu, yaitu kita para alumni yang mau bersatu padu.

trus, bahasan untuk memahami Open source itu sendiri mana?

Baca sendiri yah dari link di bawah ini , hehee selamat berselancar

https://uiarch.net/blog/tentang-data-alumni/

https://uiarch.net/blog/kita-menjadi-pertama-kalinya-di-dunia-believeitornot/

https://uiarch.net/blog/be-part-of-us/

https://uiarch.net/blog/open-ui-arch-alumni-concept/

NOTE :

kesemua perjalanan saya di atas dimulai, dari saat saya terlahir dari BPH Ikatan Alumni (ILUNI) Arsitektur UI, hingga saya pun memahami arti pentingnya keberadaan alumni itu dan betapa berharganya hubungan kekeluargaan di bawah satu almamater : ARSITEKTUR UI

More posts

Post a comment