Tentang Teknologi Informasi diera Digital - Part 1

SIGN UP

Menjelaskan tentang Teknologi Informasi tidak mudah, banyak orang merasa mengerti tetapi dalam konteks yg berbeda. Masalahnya ada di istilah kata teknologi, ini yang membuat jarak bagi orang awam.

Bahasa inggris lebih menjelaskan, Information Technology itu adalah teknologi tentang Informasi, yang notabene ndak ada kaitannya dengan hal hal teknikal.

Di Indonesia mayoritas situs situs resmi pemerintahan atau institusi pendidikan masih menganut pola lama, yaitu berlomba lomba menjadi majalah online dengan harapan akan ada pengunjung yang kesana untuk baca baca. Situs situs ini biasanya cantik, ada gambar yang gerak gerak, penuh dengan berita ini dan itu. Ini karena pembuatan situs konsepnya didisain dan dimanage oleh orang orang IT, yang tentunya handal handal soal teknologi web. Orang IT pintar membuat gambar bisa gerak gerak di web, menjadi cantik dan fancy. Kedepan model ini yang harus mulai dirubah. Web Developer dan orang orang IT setelah menyelesaikan disain infrastuktur dari suatu situs hanya fokus kemasalah teknikal, tidak lagi ikut campur tangan dalam manajemen suatu situs.

Situs government harusnya menjadi situs E-Government, situs akademik harusnya jadi situ E-Education dst.nya. Bedakan dengan situs Korporasi. Situs Korporasi harus cantik, unik dan terkesan mahal. Jangan pakai image comotan, bayar photographer professional dan web designer yang handal. Situs Korporasi membawa image perusahaan.

Sebagai contoh salah konsep dari situs resmi, misal kita ambil contoh situs perindustrian dan perdagangan. Semisal saya adalah exportir yang ingin mengekspor baju ke Indonesia dari Australia, saya akan memasukkan kata kata kunci di Search Engine kira kira seperti ini:

How to export clothes to Indonesia?

Hasil SERP (Search Engine Results Page) dari kata kunci diatas sayangnya bukan situs resmi perindustrian melainkan situs emerhub dot com. Bisa saja situs ini milik kementrian perindustrian, tapi ini yang disebut salah konsep. Pertama nama domain dot com bukanlah trusted domain name, anak singkong bisa mendaftarkan nama domain dot com dengan mudah dan murah, hackers juga sama. Kedua, konten serius harusnya ada dibawah nama nama domain institusi resmi seperti dot go dot id atau dot ac dot id. Hackers atau anak singkong tidak bisa mendaftarkan nama nama domain ini.

Ini harapan kita kedepan moga moga teman teman didunia akademi seperti UI, FTUI dan Arsitektur ataupun pejabat pejabat dipemerintahan mulai masuk kemodel era Digital. Jangan pula merasa bersalah terhadap apa yang telah dibuat saat ini, karena era Digital didunia, teknologi Informasi yang kedepan memang sama sama sesuatu model yang baru dan akan berkembang secara berbeda dari model model yang lama.

Kecenderungan Model Teknologi Informasi di Era Digital

Sebagai penutup, pengguna internet didunia nantinya lebih banyak melalui mobile phone ketimbang lewat komputer desktop. Sebagai contoh misal situs yang cantik seperti situs Departemen Arsitektur UI yang penuh dengan berita ini itu dan gambar gambar semarak, akan terlihat menjadi mini di mobile phone. Tentunya ini mempersulit bagi yang ingin membaca baca. Tetapi selain itu ini yang sangat perlu dimengerti. Kalau saya student asing yang mau kuliah di Arsitektur UI maka saya akan mencoba memasukkan kata kunci dikolom pencarian yang tersedia seperti ini: what is the requirement for overseas student to ....

Hasilnya:

Nothing Found
Sorry, but nothing matched your search criteria. Please try again with some different keywords.

tabik,
Monchu

Internet Consultant
Melbourne

Tentang Teknologi Informasi diera Digital - Part 2

More posts

Post a comment