UI Arch Open

SIGN UP

Ide Open UIArch disini tidak sama dengan Australian Tennis Open, ndak begitu.

Idenya diadopsi dari komunitas Open Source, Open Education dll. yang memang masih berupa model baru diera digital. Ide yang mengedepankan kontribusi sesama tanpa harus selalu berkaitan dengan nilai uang.

Konsep intinya semua gagasan, aktifitas bersifat terbuka untuk domain publik. Ini yang membedakan dari sifat organisasi pada umumnya. Gagasan, rencana dan tindakan yang berada diruang tertutup seringkali tidak berujung kepada akuntabilitas.

Disini, semua akan terpapar apa adanya, apakah sukses atau tidak juga akan dapat diikuti oleh semua alumni apa adanya. Tanpa hidden agenda, dari alumni untuk alumni. Sederhana, begitu ide dasarnya...

Istilah gotong royong mulai dilupakan.

Ini gagasan Kontributor di UIArch Open ini. Mengajak sesama alumni untuk bergotong royong berkontribusi mencari manfaat maksimal dari para alumni demi kepentingan sesama alumni dan dunia pendidikan pada umumnya.

Dalam masyarakat modern, warga badui yang bergotong royong membangun rumah bagi pasangan baru menikah bukanlah hal yang umum. Masyarakat modern terasing atas konsep kebersamaan komunitas.

Gotong royong juga tidak selalu harus bersifat kegiatan fisik, sharing knowledge juga termasuk. DiInternet, model Edukasi Online biasanya informasi pengantar diberikan cuma cuma selanjutnya informasi yang bernilai anda harus subscribe dan membayar. Ini business model yang kita kenal di Internet. Didarat, untuk mendapat knowledge dari para pakar anda harus membayar duduk baek baek diseminar hotel berbintang.

Yang ingin digagas di UIArch Open berbeda. Salah satunya adalah; kita ingin para alumni sharing knowledge secara cuma cuma. Fasilitas tersedia, teknologi sekarang canggih dan murmer; ada Youtube video untuk tatap antar muka digital, ada pudkez (podcast) untuk nyerocos dan ada blogging untuk menulis. Yang ingin belajar cukup duduk santai dirumah masing masing, murah meriah ... yang tidak mau tidak perlu membuang waktu.

Sejujurnya gagasan Open ini tidak mudah, karena kita tidak biasa dengan konsep gratis selalu harus ada kaitan uang, waktu dalam setiap kegiatan.

Walau kita terbiasa mendengar istilah beramal agar masup kesorga ... padahal Sharing Knowledge secara cuma cuma juga bisa dilihat sebagai jalan untuk kesorga bagi yang ingin kesana nantinya ...

Manfaat Database Alumni bagi dunia pendidikan

Kompilasi 1593 data yang terkumpul bukan pekerjaan mudah. Salut untuk rekan kita Kim Mei yang rela melotot barisan data dikertas kertas untuk diinput ke layar excel.

Dulunya database alumni itu untuk tahu sipolan itu angkatan berapa, rumahnya dimana. Diera digital kedepan, bagi kita tidaklah begitu penting untuk tahu sipolan itu angkatan berapa, apalagi tinggal dimana.

Agar bermanfaat database yang telah terkompilasi ini perlu di re-design, agar bisa diajadikan sumber analisa. Terutama bagi para pengajar yang aktif, sebagai review terhadap kurikulum yang berjalan. Apakah fakta dari kondisi jebulan sejumlah 1593 alumni ini telah sesuai dengan apa yang dirancang atau membutuhkan improvement, perubahan dan sebagainya.

Dari data yang terstruktur para pendidik bisa mengetahui berapa persen alumni yang berprofesi sebagai arsitek, interior, dipemerintahan ataupun swasta. Seandainya tujuan utama adalah menghasilkan lulusan yang berprofesi Arsitek sedangkan persentase alumnus yang menjadi Arsitek kecil, itu pertanda perlunya review dari kurikulum yang ada. Atau sebaliknya semisal ternyata sebagian besar memilih profesi yang berbeda, mungkin perlu dipersiapkan materi agar setiap alumnus itu siap pakai sebagai general practitioner.

Sayangnya data yang ada sama sekali tidak memiliki struktur database yang bisa dipergunakan sebagai sumber analisis. Berikut, gagasan untuk improvement dari data yang ada telah diposting terbuka disini dengan judul 'Obrolan bersama BPH Iluni tentang database alumni', kita tinggal menunggu apakah ada tindak lanjut, adakah yang memang merasa perlu agar ide ini terwujud sampai hari ini belum ada kabar beritanya ...

Bagi rekan rekan yang membaca ini silahkan viralkan, sharing kerekan rekan pendidik, jurusan, iluni kesiapa saja alumni dimana saja. Termasuk anda sebagai alumni bila sepakat dengan gagasan UIArch Open ini, silahkan berkontribusi. Semua cuma cuma dan gratis ... Ini Ide Open Source yang ingin digagas, terbuka ada di domain publik.

nuwun,
Monchu
Internet Consultant
Melbourne, 4 April 2019

More posts