Gotong Royong di era Covid-19

SIGN UP

Gotong Royong

Yang perlu dimengerti bersama, tidak ada satu negarapun didunia yang siap dalam penanganan pandemic ini. Sampai hari ini belum ada obat atau vaksin untuk Covid-19.

Satu satunya cara meredam penyebaran virus ini hanya merumahkan siapa saja untuk kurun waktu tertentu, kecuali bagi petugas2 medis dan aparatur pemerintahan agar fungsi negara tetap berjalan.

Konswekensinya, adanya krisis ekonomi berkepanjangan. Orang orang yang kehilangan pekerjaan, bisnis yang tutup, bahkan ada banyak orang yang tidak bisa memberi makan bagi keluarganya dari hari kehari.

Ini bukan teori, dalam situasi semua warga dirumahkan, maka tugas utama negara adalah menyediakan dana social emergency, menjalankan fungsi manajemen pengelolaan situasi emergency dan bertugas melakukan distribusi dana bantuan itu kesetiap warga yang sangat membutuhkannya. Rakyat itu membayar pajak dalam bentuk yang beragam. Dana itu seharusnya bisa dimanfaatkan disaat emergency seperti saat ini.

Masalah utama bukanlah lock down atau tidak, karantina wilayah atau tidak. Apapun yang utama adalah tersedianya Dana Darurat, yang harus diberikan kepada orang orang yang sangat membutuhkannya. Ini yang perlu.

Bagaimana caranya; bukan tugas kita untuk memikirkannya, itulah fungsi kenapa adanya pemerintahan dalam negara. Tugas rakyat hari ini adalah diam dirumah, menghindarkan sebisanya kontak dengan orang lain diluar rumah.

Dalam kondisi normal, semua pajak yang dibayarkan mulai dari bayar parkir, pajak transaksi jual beli, bayar pajak tanah dst.nya dipergunakan untuk membayar semua dana operasional pemerintahan mulai dari gaji presiden hingga aparat dibawahnya.

Sisanya secara matematik, kalau tidak ada kebocoran akibat budaya korupsi dana itu harusnya tersedia saat diperlukan disituasi emergency. Saat ini tidak perlu dipolitisasi, realitasnya dana itu tidak mencukupi, termasuk manajemen dalam koordinasi penanganan emergency itu sendiri lemah.

Menyadari itu, yang bisa kita lakukan sebagai rakyat hari ini adalah membantu untuk menggalang gotong royong secara lokal.

Dapur Umum Lokal.

Setiap warga disetiap kecamatan menuntut kecamatan masing masing agar membuka Posko, tempat konsolidasi untuk dana bantuan lokal yang berupa uang dan bahan makanan pokok.

Setiap kecamatan membuka rekening bank bantuan untuk menerima dana dari warga lokal setempat, membuka situs yang mencantumkan jumlah dana yang diterima secara transparan serta melaporkan bagaimana dana2 tersebut didistribusikan.

Setiap kecamatan harus punya data kependudukan wilayah masing masing termasuk demography social warganya. Harus punya, itu fungsinya kecamatan. Artinya mereka yang harus tahu kesiapa saja yang sangat membutuhkan, kemana dana bantuan ini didistribusikan.

Relawan.

Para dokter dan perawat, tenaga mereka sangat dibutuhkan dirumah sakit, jumlahnya terbatas. Itu perlunya tentara dan polisi dimanfaatkan disebarkan disetiap posko, sebagai relawan. Militer terbiasa bekerja dibawah komando yang terorganisir. Mereka juga mampu mengorganisir para relawan sipil yang mau menyediakan waktunya.

Karantina Lokal.

Salah satu kelebihan di Indonesia, mesjid itu tersebar hingga kepelosok. Mesjid bisa distimulasikan sebagai tempat karantina lokal bagi warga setempat yang positif Covid-19, sebagai tempat penanganan temporer dan melokalisir penyebaran wilayah.

Warga Lokal.

Yang perlu dilakukan adalah diam dirumah dan bagi yang bisa melakukan sumbangan dana atau berupa bahan pokok bagi wilayah masing masing.

Berhenti menyebarkan berita2 ttg Covid-19 yang hanya berisikan copy paste dari sumber tidak jelas, hanya menimbulkan rasa cemas berlebihan. Lebih baik menyebarkan informasi positif, hal hal yang bersifat membangun semangat gotong royong.

Semoga bermanfaat,
Monchu
Melbourne 7 April 2020

Catatan:
Saya sedang membuat aplikasi sederhana untuk keperluan donasi yang bisa diinstal disitus. Aplikasi ini akan tersedia secara cuma2 bagi yang membutuhkannya.

Bagi yang ingin memiliki situs donasi bagi wilayahnya dan tidak memiliki tenaga teknikal utk itu silahkan hubungi email monchu@monchu.info saya menyediakan server dan aplikasi tsb. dengan cuma2 sebagai contribusi utk Covid-19

More posts