BAUENTWURFSLEHRE

SIGN UP

IN MEMORIAM FERRYANTO CHAIDIR born 19 Oct 1956 Deceased 06 March 2007

(BAUENTWURFSLEHRE = DATA ARSITEK oleh Neufert,Ernest ; alih bahasa : Sunarto Tjahjadi dan Ferryanto Chaidir)

Tidak banyak kenangan yang sempat saya ciptakan kala itu, tapi saya bangga saya bisa menjadi salah seorang mahasiswi didiknya. Sosoknya dari luar terlihat cukup galak, tapi apabila sudah mengenalnya ternyata orangnya ramah dan mulia hatinya. Tampilan itu ternyata menipu mata. Makanya kalimat "Don't judge the Book by its Cover" benar-benar terbukti.

Tidak menyangka, kalau saya bisa ketemu dengan Fika atau Vika ( tidak sempat memastikan apakah F atau V ) saat awalan kami berhadap-hadapan sebagai staf pengajar dan yang belajar. IYA. Vika sekarang adalah seorang instruktur Pound Fit di MYbodyGym , sebuah tempat fitness di area perkantoran saya bekerja. Bukan sebuah kebetulan, bahwa akhirnya diketahui bahwa Vika adalah anaknya almarhum Pak Ferry. Topik yang awalnya berkutat dari rip -stick ( stik drum nya pound fit) berpindah menjadi alumni arsitektur UI, tatkala saya menggunakan kaos abu-abu ILUNI ARSITEKTUR UI di jadwal kelasnya yang sudah kami lewati hingga lebih dari 6 kali pertemuan.

Terkejut namun perlahan mulai menyadari kemiripan wajah Vika dengan almarhum Pak Ferry yang membuat saya berpikir lebih dalam kalau segala sesuatu di kehidupan ini ada yang mengatur dan berjalan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Saat di tahun 2001-2005, alamarhum Pak Ferry menjadi dosen mengenai struktur bangunan, dan sekarang saya di ajari oleh Vika, anaknya mengenai dasar-dasar Pound Fit. Semua tanda tanya tidak menjadi tanda tanya lagi. Semua pertanyaan seakan sudah menemukan jawabannya sendiri.

Untuk Bu Ratna sendiri ( istrinya almarhum Pak Ferry) adalah dosen saya juga. Dia mengajar mata kuliah Psikologi Arsitektur. Tidak banyak yang bisa saya ingat mengenai saat kuliah dulu itu, hanya masih mengingat kalau Bu Ratna sangat cantik. Dan dia mengajar dengan cara yang sangat keibuan.

Hari ini, saya teringat tentang almarhum pak Ferry dan menemukan beberapa link dari internet yang membuat saya semakin merasa mengenalnya. Dan mulai memahami kenapa banyak sekali orang yang kehilangan sosok alamarhum Pak Ferry.


Angepaßte Bautechnologie, -materialien und -methoden in Wohnungsbauprojekte für untere Einkommensschichten Indonesiens -1997

https://koestoer.wordpress.com/2007/03/13/cuci-piring-istimewa-in-memoriam-ferryanto-chaidir-l-191056-w-060307/

https://soesilowati.wordpress.com/2011/10/03/kamu-takut-ya-hutang-budi-ama-saya/

http://basicbelia.blogspot.com/2007/05/yang-istimewa-membawa-pesan-istimewa.html

https://books.google.co.id/books?id=_wtaJXW_Fd0C&pg=PR4&lpg=PR4&dq=ferryanto+chaidir&source=bl&ots=KW1h-wlxIU&sig=ACfU3U09SW5VBSPX7S8Gi-8M50o12BNeAQ&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwj1vfvR3cPiAhV56nMBHQUCBAg4ChDoATAAegQICRAB#v=onepage&q=ferryanto%20chaidir&f=false

https://www.tokopedia.com/mars2ndbooks/pencerminan-nilai-budaya-dalam-arsitektur-di-indonesia

https://books.google.co.id/books/about/Angepa%C3%9Fte_Bautechnologie_materialien_un.html?id=dflQtAEACAAJ&redir_esc=y

More posts